Ibu Ami merupakan guru kelas VI di SD Setia Budi. Ibu Ami mula-mula menjadi risau
karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab pertanyaan jika guru
mengajukan pertanyaan. Siswa-siswa selalu diam ketika guru bertanya mengenai materi
pembelajaran. Ibu Ami sering kesal dan melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan siswa-
siswa yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada siswa yang menjawab pertanyaan,
Ibu Ami biasanya meneruskan pelajaran dengan meminta para siswa membaca wacana yang
ada dalam buku pelajaran kemudian menjawab pertanyaan yang ada di buku secara tertulis.
Setelah berjalan satu semester, ternyata diperoleh hasil nilai semester ganjil banyak yang
mendapatkan dibawah KKM.
Dari kasus pembelajaran dibawah, rancanglah perbaikan kegiatan pembelajaran dengan
strategi pembelajaran yang tepat!
mohon bantuannya teman teman
Jawaban:
Menurut saya,
- Ibu Ami harus membuat selingan game yang kreatif dan berhadiah di dalam pembelajarannya, misalnya perintah menjelaskan bagian A dengan bahasa sendiri dan bila dapat menjelaskan dengan tepat, maka akan mendapat hadiah.
- Kemudian, Ibu Ami juga bisa menerapkan rules (aturan) dalam kelasnya yang memuat beberapa aturan dasar yang disepakati bersama, kemudian ditetapkan hadiah bagi yang mengikutinya dan hukuman bagi yang melanggarnya
- Untuk mengantisipasi siswa yang tidak aktif saat guru bertanya mengenai materi pembelajaran dan beralih membaca wacana dan mengerjakan soal, lebih baik Ibu Ami meminta setiap siswa untuk "menggambarkan" tiap materi yang mereka pahami dan tidak dipahami dengan bahasa persuasif dan diberikan 'imbalan' berupa tambahan nilai ataupun snack untuk siswanya
jadi kesimpulannya, Ibu Ami harus membuat siswanya lebih aktif dengan beberapa hal, yaitu menetapkan aturan tertulis yang disepakati dalam kelas serta memberi "imbalan" atas timbal-balik respon siswa dalam pembelajarannya, berupa tambahan nilai ataupun makanan ringan
Penjelasan:
semoga membantu, semangat terus yaa!
[answer.2.content]